Saturday, December 31, 2005

Masak2an ala d'ez


Lucu juga kalau dipikir2 perkenalan dengan teman yang satu ini, bermula dari suatu email di milis NCC, ada yang nanya kapan ada kursus bikin ayam kodok lagi?
Nah kebetulan saya iseng balasin pertanyaan itu dengan silahkan lihat resep saya ( kuno tapi masih asyik). Eh jadi nyambung ke obrolan di YM ( Yahoo Messenger) .
Obrolan ngalor ngidul hampir tiap hari dan nyambung banget rasanya (eh iya gak sih Lena.....)
Tiap hari ada saja obrolan dan selalu seru aja, seolah teman yang udah tahunan kenal, padahal kita nih dari generasi yang sangat jauh berbeda (24 tahun lho), belum pernah ketemu tapi rencana ketemuannya selangit judulnya. Memang ternyata peribasa tentang usia bukan halangan bila hati sudah menyatu ada benarnya juga.
Dan dari obrol kanan kiri itu kita udah janjian mau kopdar pada saat saya mudik nanti.

Janjian kopdar ini akan dibarengi event masak2an dirumahku, ceritanya sih praktek ayam kodok dengan side dishes dan dessertnya, dan untuk lebih berbagi lagi Lena ngajak temannya untuk ngikut bareng datang.
Segala macam persiapan dilakukan, dari pihak nak murid, mulai beli pisau gerigi sampai tempat2 untuk makanan yang akan dibuat. Dari pihak bu guru ( iseng aja bikin julukan sendiri padahal mah gak cocok sih) belanja bahan2 yang diperlukan. Karena udah mepet waktu, setibanya ditanah air, langsung belanja, agak puyeng juga, soalnya gara2 Gulf Air, kedatangan kami mundur sehari, belum sempet napas lega dan hilangkan jetlag harus udah berburu bahan lagi, kadang otak nih macet betul deh.....untung aja bahan yang dibeli gak susah dicari dan yang penting gak ada yang terlewat.

Akhirnya hari yang ditunggu datang juga, Sabtu sebelum tutup tahun, jam 10 pagi datanglah Lena, Reyna yang dikawal oleh suaminya Enggi.

Sesaat perkenalan dilalui dengan agak kaku, maklumlah kami kan memang beda jauh usianya, jadi kayak ketemu enyak2 kali yee, mungkin juga karena baru kenal sekali ini ( atau mungkin agak serem lihat penampilanku kayaknya he he he....).
Tapi hal tsb hanya sejenak terjadi, sesaat kemudian sudah cairlah suasana, ketawa ketiwi mulai meningkahi pertemuan kami.

Dan acara utama mulai digelar, yakni masing2 mengeluarkan bawaannya untuk praktek masak2an.
Masak2an kali ini, bukan sistem guru dan murid tapi saling berbagi saja, saling sama2 gotong royong memasak yang sudah dirancang melalui YM. Ya memang sih masih ngajarin ini itu tapi mostly saling bantu aja.

Nah menu yang disepati sangat sophisticated, lihat aja :
- Ayam kodok
- Rolade Ayam
- Casserole Kentang
- Yorkshire Pudding
- Brown Saus
- Walnut Yoghurt Salad
- Chilled Blueberry Cheese Cake
Melihat menu segini banyak pada keder, wah selesai jam berapa ya ?
Yah kita lihat saja ya (tapi menurutku sih masih kurang banyak neh, cuman malu aja ngomongnya)

Photobucket
Kita mulai yuk ?
Mula2 kita kupas dulu ayamnya, begini nih caranya kalau mau bedah membedah ayam, tangannya ikut main ya tapi jangan kasar2 pake perasaan.....
Begini nih penampakan ayam yang sudah gak ada tulang dibadannya tadi kempes.....

Photobucket
Sekarang baru bikin isinya.....kayak gini lho.....
Tadi kayaknya mas Enggi juga bantuin ngaduknya, soale cukup fitness.
Jangan lembek2 fillingnya, soale biar udah matangnya bisa dipotong pake pisau kalau kelembekan ntar susah lho motongnya apalagi kalau mau panas, bisa memble suremble.....

Ayam yang sudah dijahit istirahat dulu ya biar agak kering dikit kulitnya, bentar lagi diisi, sementara latar belakangnya, kesibukan menyusun kentang yang sudah dikukus setengah matang untuk casserolle. hash hesh masih panas ya kentang nih....nyiksa deh....

Photobucket
Ini kentang yang sudah disusun rapih berjajar menunggu sausnya...
Sementara tadi saus putihnya untuk casserollenya udah dibikin dan juga kejunya sudah diparut, jadi gampanglah abis ini tinggal lapis melapis aja ya....

Photobucket
Dan casserole kentangpun selesai dikerjakan dan siap masuk oven.....

Kalo kerjaan kupas mengupas, potong memotong dan cuci mencuci dibantu dikerjakan ama asistenku biar menghemat waktu. ( wah itu asisten import lho dari Bontang, maklum udah cocok dan udah 8 tahun ikut daku di Bontang jadi rasanya kalau mudik ke Indonesia gak ketemu dia, beraaaat.....manja .com).

Photobucket
Kemudian isi mengisi ayam kodokpun lanjuttt. Jangan penuh2 ya, nanti kalau dikukus mekar soale, kulit ayamnya bisa pecah. Kalau terlalu sedikit, ayamnya gepeng jadinya, jadi tengah2 aja ya .....?
Taunya tengah2 gimana? nah itu baru pertanyaan.( sambil garuk2 kepala)

Jahit menjahit ayam dibagian lehernya pun diselesaikan dengan gaya yang meyakinkan gitu deh....Gak usah ngelmu gitu jahitnya.
Ini bukan nyulam lho.....
Aduh tolong dong masukkin benangnya .....mas Enggi????
Bagianmu tuh masukin benangnyaaaa......( eh ini kata Reyna lho, aku sih nerusin aja ). Pls ya ? maklumin deh mata nih gak bisa diajak kompromi....


Nah gini nih bentuk ayam yang udah diisi lagi, gendut lagi kan ?
Eng....ng ng...kayaknya tadi aku lupa deh....filling ayamnya kurang bawang putih dan bawang merah goreng yang dihaluskan deh....soalnya koq masih ada disini nih.... jadi baru bawang bombay aja yang masuk....aduh maap yeee masih jetlag sih...(alasan.com)
Dan mulailah acara kukus mengukus, urutan pertama si ayam dan lanjut dengan rolade.

Photobucket
Roladepun mulai digulung, yak perang dikit ya.....
Wah jangan kurus tinggi kayak Lena gitu dongggg, entar gak cukup plastiknya lho....
Endut dikit kayak daku,juga bagus koq....
Agak sibuk memang gulung sana sini, tapi akhirnya roladepun beres tinggal menunggu giliran dikukus.
Yorkshire puddingnya nebeng mejeng yah ?

Eh tapi lihat dulu nih casserole kentangnya tahap pertama, udah matang, lihat deh kejunya melt gini, kebayangkan kalau dimakan hangat2 sama ayam kodoknya, kan nyam.....

Photobucket
Cheesecake mulai juga dibuat, yang ini one, two, three cheesecake tanpa telor, soalnya hare gene deh takut avian flu, biar kata kuning telornya dikocok sambil ditim tapi hati nih was was aja, mending yang sehat aja ya ?

Photobucket
Kocok dulu creamnya lalu, kocok juga cream cheesenya.
Campur bahan ini dan itu lalu tuang ke lady finger bawaanku dari AD ( gak kurang jauh tuh ?)
Masukkin kelemari es biar dingin dan kaku ya ? ntar tinggal disiram blueberry sauce nya ya ?

Photobucket
Sementara menunggu acara kukus mengukus dan oven mengoven selesai, para peserta masak2an pada reses.....makan siang dimall bawah sementara yang punya rumah istirahat dulu yeee.
Eh pulang2 ada yang kasih oleh2 itu lho lisboa tart, pie yang kulitnya kayak sus tapi bukan.....( jadi maunya apa sih ? )
Makasih ya ??? Kalian nih masih muda2 tapi ngerti betul yang namanya etika, salut sekali saya pada kalian.....

Photobucket
Beres acara makan siang, casserole kentang sudah matang, ayam kodok sebagian sudah dioven.
maka acara selanjutnya bikin walnut salad yang cuman aduk2 aja, dan bikin ini nih yorkshire pudding yang njembluk banget deh....

Photobucket
Terakhir bikin saus nya ayam kodok dan topping blueberry untuk cheesecakenya...... hmmmm........

Maka semua bereslah jam 4 sore, saat mulai bungkus2 peralatan eh ntar dulu foto dulu bersama, bukti bahwa menu yang disepakati ternyata selesai lebih cepat dari yang direncanakan.
( Hayooo siapa yang bilang kalau gak percaya bakal selesai jam segini ?......)

(weh lupa motoin walnut saladnya sendiri, tapi itu tuh ada ditempat kotak, putih bersih warnanya, resep dari mana ya Lena ? lupa aku....)

Photobucket
Setelah hitung2an berapa belanja yang kita habiskan untuk menu yang sudah dibuat dan dibagi 3, kan kita bertiga masak2annya.
Dan....dengan sedikit mark down
( kan pantesnya ya ada sumbangan biar cuman dikiiiit aja dari tanah Emirates.......
hayoo Lena gak boleh protes, harap diterima dengan lapang hati dongggg...hiks hiks ).
Maka bereslah urusan administrasi dan urusan masak memasak dengan tuntas tas......

Dan sore ini kita akhiri dengan girang hati, membawa pulang hasil kreasi yang bakal disantap untuk menu pergantian malam, dan mulailah janji dibuat untuk mudik yang akan datang, mbak masak2an lagi ya ????
With pleasure, ntar ya kalau aku mudik lagi......
Cari deh menu apa yang kalian suka....

Happy New Year 2006


Foto2 : koleksi Enggi dan d'ez.

back to : MUDIK AKHIR TAHUN 2005

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home